Minggu, 31 Agustus 2014

Jangan biarkan pilek menyiksa si kecil



Masalah yang paling sering dan sangat mengganggu bayidan balita adalah ketika mereka menderita pilek atau hidung tersumbat. Bisa dibayangkan dengan lubang hidung sekecil itu mereka harus bernapas dengan susah payah. Akhirnya mereka susah untuk tidur dan menjadi rewel. Hidung tersumbat dapat terjadi pada salah satu rongga hidung atau keduanya.
Gejala awal biasanya hidung bayi dan balita berlendir, bersin beberapa kali, serta hidung gatal yang dapat dilihat bayi sering menggosok-gosok hidungnya. Akhirnya karena udara yang kering lendir dalam hidung tersebut mengental kemudian mengering dan menyumbat hidung. 
Penyebab pilek pada bayi dan balita adalah :
-          Virus, pilek yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu kurang dari 7 hari. Lendir hidung biasanya berwarna bening.
-          Bakteri, pilek yang disebabkan oleh bakteri ditandai dengan pilekyang tidak sembuh dalam waktu lebih dari 7 hari. Lendir yang keluar dari hidung biasanya berubah warna menjadi hijau atau kebiruan.
Cara penatalaksanaan bayi dan balita dengan pilek/hidung tersumbat :
Penguapan
Cara yang paling mudah dilakukan jika bayi dan balita anda pilek adalah dengan cara penguapan. Caranya mudah, orang tua hanya perlu menyediakan wadah yang diisi dengan air panas (bisa ditambahkan beberapa tetes minyak telon). Jika kamar bayi berukuran relatif kecil, wadah air panas dapat menggunakan ember yang kemudian diletakkan di sudut ruangan, biarkan bayi menghirup udara yang bercampur dengan uap air dari ember tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggendong bayi dan balita dengan posisi telungkup pada wadah tadi. Mudahkan kan? Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai hidung bayi dan balita tidak tersumbat lagi. Hati-hati jangan sampai bayi dan balita jatuh ke dalam wadah berisi air panas tadi.
Memijat hidung
Cara berikutnya adalah dengan memijat hidung bayi dan balita. Awali dengan mengoleskan sedikit minyak telon pada bagian atas hidung sampai ke alis (hati-hati jangan sampai kena mata), kemudian tekanlah hdung bayi dan balita dengan lembut ke arah bawah sampai lendir yang mengental atau kering keluar, pakailah sapu tangan, tissueatau cotton bud disekitar lubang hidung bayi untuk embersihkan.
Posisi Tidur
Pada saat menderita pilek, bayi dan balita akan kesulitan bernapas pada saat tidur, akibatnya bayi akan susah tidur dan rewel. Aturlah posisi tidur bayi dan balita dengan cara membuat kepala lebih tinggi dariposisi badan, jika hidung kanan yang tersumbat miringkan bayi ke sisi kiri, demikan sebaliknya jika hidung kiri yang tersumbat miringkan bayi ke sisi kanan.
Penyedot Lendir
Alat yang dapat digunakan untukmengatasi hidung tersumbat pada bayi dan balita adalah penyedot lendir hidung (nasal aspirator) kebanyakan digunakan untukbayi, karena bayi belum tahu cara untuk membuang lendir dari hidungnya. Alat ini dijual di apotek dengan berbagai merek. Caranya bersihkan terlebih dahulu ujung alat yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan alkohol 70%, tunggu sampai alkohol mengering (jangan masukkan ke hidung bayi pada saat alkohol masih basah), masukkan ujung alat tersebut ke dalam hidung bayi (jangan terlalu dalam) kemudian dipencet. Untuk lebih jelasnya, pada saat membeli mintalah petugas apotek untuk mengajari cara pakainya, atau dengan membaca petunjuk pada pembungkus alat tersebut.
Tetesan Larutan  NaCl 0,9%
Cara ini dengan meneteskan larutan NaCl 0,9% pada lubang hidung bayi. Sebelumnya masukkan larutan ke dalam alat semprotan hidung bayi. Larutan NaCl 0,9% dapat diperoleh di apotek. Larutan NaCl dapat membantu melebabkan saluran napas bayi. Jangan mengganti larutan NaCl dengan larutan garam yang dibuat sendiri oleh orang tua, karena risiko membahayakan bayi justru lebih besar. Larutan garam yang dibuat sendiri tidak terjamin sterilnya, dan konsentrasi yang dibuat bisa saja tidak sesuai (bisa terlalu kental atau terlalu cair).
Mengatur Suhu Ruangan
Jika kamar bayi memakai pendingin ruangan (AC), aturlah suhu AC agar tidak terlalu dingin karena hal ini akan menambah tersumbatnya hidung bayi dan balita.

2 komentar:

  1. Dokter Eda cantippppp
    minta tipsnya donk untuk mengatasi dahak pada bayi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say... untuk mengatasi dahak pada bayi tunggu postingan selanjutnya ya.. mengenai batuk pada bayi ^_^

      Hapus